Breaking News

ARTIKEL LOMBA BLOG GURU "PANDEMI COVID-19, MOMENTUM GURU PEMBELAJAR" (Oleh Sanwari Hidayat, S.Pd.I - Guru MTsN 1 Balangan)

  



oleh : Sanwari Hidayat, S.Pd.I

Saat ini dunia dilanda suatu wabah penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama corona atau dikenal dengan istilah Covid-19 (Corona Virus diseases-19). Sebuah virus yang disinyalir berasal dari Negara Tiongkok.

Penyebarannya yang begitu cepat, juga sampai ke Indonesia. Berbagai kebijakan akhirnya mulai diambil oleh Pemerintah, diantaranya seperti kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

PSBB tersebut sangat dirasakan dampaknya di bidang pendidikan. Sekolah diliburkan, diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui teknologi digital, sehingga “memaksa” para guru, siswa, bahkan orang tua rajin menggunakan gadget dan komputer.

Namun metode ini dikeluhkan banyak orang tua murid. Mereka menganggap PJJ ini sangat ribet dan merepotkan. Dari kendala ketiadaan gadget, mahalnya paket kouta hingga kesulitan sinyal.

Ribetnya PJJ, sebenarnya juga dirasakan oleh para guru. Mereka juga harus pintar-pintar menyesuaikan diri di tengah pandemi. Banyak diantara mereka yang sebenarnya tergolong gagap teknologi (gaptek), yang mau tidak mau mendorong mereka harus kreatif dan mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

Hal tersebut bisa dikatakan hikmah dari tengah pandemi covid-19. Bisa dibilang dunia pendidikan mengalami banyak kemajuan di bidang teknologi.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Iwan Syahril mengatakan hikmah dari Covid-19 adalah semakin menurun kecemasan menggunakan teknologi dan masyarakat semakin terbiasa melek teknologi.

"Mudah-mudahan ini bisa membawa harapan baru, terobosan baru bahwa belajar itu bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan dengan cara yang lebih mudah," katanya seperti dikutip dari laman Ditjen GTK Kemendikbud, Jumat (29/5/2020).

Kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para Guru untuk terus melek teknologi. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, dengan menjadi guru yang update dengan perkembangan teknologi mampu menghasilkan metode-metode belajar baru yang efektif dan menyenangkan.

Pada akhirnya, pandemi Covid-19 hendaknya menjadi momentum bagi guru menjaga komitmen dan dedikasinya. Guru harus mampu untuk belajar dan beradaptasi dengan teknologiDengan begitu, proses belajar di rumah yang saat ini sedang dilakukan para siswa tidak akan mengurangi dari esensi sebuah pembelajaran. Karena guru dan siswa masih bisa berinteraksi dan belajar bersama, meski dilakukan secara jarak jauh.***

#CerdasBerkarakter

#BlogBerkarakter
#SeruBelajarKebiasaanBaru

#BahagiaBelajadiRumah




Tidak ada komentar