Breaking News

PTK : PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH DAULAH AYYUBIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS VIIIA MTsN 1 BALANGAN


Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Daulah Ayyubiyah

Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture

Kelas VIII A MTsN 1 Balangan

 

 

 

Oleh : Sanwari Hidayat, S.Pd.I

GurSKI pada MTsN 1 Balangan

 

 

ABSTRAK

 

 

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Picture and Picture untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIIA MTsN 1 Balangan Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan materi Sejarah Daulah Ayyubiyah.

Tercapainya sebuah pembelajaran tentunya juga harus didukung oleh pemilihan metode dan model pembelajaran. Seorang guru harus memilih model yang tepat agar proses belajar mengajar lebih efektif.

Model pembelajaran Picture and Picture merupakan salah satu langkah  yan dapat

ditempuh untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan salah satu model yang menggunakan gambar-gambar  yang  dipasangkan dan diurutkan menjadi urutan yang logis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam pembelajaran materi Sejarah Daulah Ayyubiyah dengan menerapkan model Picture and Picture ? (2) Bagaimanakah aktivitas peserta didik dalam pembelajaran materi Sejarah Daulah Ayyubiyah dengan menerapkan model Picture and Picture ?dan (3) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran materi Sejarah Daulah Ayyubiyah dengan menerapkan model Picture and Picture ? Penelitian ini mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTKyang  dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan,  pelaksanaan,  observasi,  dan refleksi. Subyek dalam penelitian  ini adalah peserta didik kelas VIII A MTsN 1 Balangan yang berjumlah sebanyak 25 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi guru dan peserta didik dan hasil test peserta didik, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) aktivitas guru pada pra siklus rata-rata nilai 68,3 atau  41%   dan  hasil belajar siswa pada pra siklus  rata-rata nilai 74,8 atau 36% (2) aktivitas guru pada siklus I dengan menggunakan model Picture and Picture  dari 80,35% menjadi 92,8% pada siklus II,dan aktivitas peserta didik pada siklus I dengan menggunakan model Picture and Picture  78,57%  menjadi 91%  pada siklus II dan (3) hasil belajar  siswa pada siklus I dengan menggunakan model Picture and Picture  56% atau rata-rata nilai 75.04 menjadi 92% atau rata-rata nilai 84.24 pada siklus II. Hal ini menunjukka bahwa hasil belajar pada materi Sejarah Daulah Ayyubiyah dengan menggunakan model Picture and Pictur menunjukkan hasil yang  sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Picture and Picture dapat meninggkatkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih aktif dan kemampuan guru lebih meninggkat menjadi lebih baik.


Kata kunci : Hasil BelajarDaulah Ayyubiyah, Picture anPicture


KLIK UNTUK MENGUNDUH



Tidak ada komentar