Breaking News

Dispersip Balangan Sosialisasi Perpustakaan di MTsN 1 Balangan

Paringin (MTsN 1 Balangan) – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan, H. Tamrin menghimbau agar para peserta didik menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar, di mana siswa dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan dalam upaya menambah dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Dijelaskan Tamrin bahwa perpustakaan memiliki posisi terpenting dalam meningkatkan budaya literasi bagi para siswa. Untuk itu disela-sela aktifivas, sambungnya siswa hendaknya sesering mungkin melakukan kunjungan ke perpustakaan, tidak hanya ketika ada tugas dari guru.

Kita prihatin dengan kondisi saat ini. Di mana menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca”, ungkap Tamrin pada acara Sosialisasi Perpustakaan Sekolah yang digelar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Balangan, Senin (25/07/22).

Lebih lanjut ia juga menjelaskan melalui budaya literasi yang baik akan dapat mengasah kemampuan untuk menjadi berpikir secara kritis, kreatif, inovatif serta menumbuhkan budi pekerti siswa. “Oleh karena itu, bagi generasi muda seperti kalian ini harus sudah mulai menerapkan budaya membaca atau literasi”, pesannya.

Sementara, Kepala MTsN 1 Balangan H. Adul, S.Ag MM menyambut baik kegiatan semacam ini. Menurutnya peningkatan literasi sejalan dengan visi madrasahnya yang ingin siswa menjadi unggul dan berprestasi.

Kita tentu mendukung peningkatan literasi siswa. Langkah konkrit kita membenahi dan melengkapi fasilitas perpustakaan yang ada agar lebih memadai. Dan saat ini perpustakaan MTsN 1 Balangan sudah mempunyai sertifikat akreditasi,” tandasnya.

Pada sosialisasi perpustakaan ini diikuti peserta didik baru MTsN 1 Balangan tahun pelajaran 2022/2023.

(Ref/Ft : Sanwari)


Artikel ini juga dimuat di website Kanwil Kemenag Kalsel:
https://kalsel.kemenag.go.id/berita/565389/Kepala-Dispersip-Jadikan-Perpu







Tidak ada komentar