Breaking News

KEPALA MTsN 1 BALANGAN HADIRI PEMBINAAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SE-KALSEL

Paringin (MTsN 1 Balangan) – Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd mengatakan pembinaan guru dan tenaga kependidikan sangat penting dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan. 

 

“Yang berujung pada peningkatan mutu/kualitas pendidikan,” katanya pada pembukaan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kanwil Kemenag Kalsel, Rabu (27/07/22) malam di Hotel G`Sign Banjarmasin yang dihadiri Direktur Guru dan tenaga Kependidikan Kementerian Agama RI Dr. H. Muhammad Zain, M.Ag.

 

Pembinaan guru kata Tambrin pada prinsipnya meningkatkan kompetensi profesional guru, sehingga pembinaan kompetensi guru sebagai tenaga pendidik merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dengan pengembangan sumber daya manusia.

 

“Mengingat semakin pentingnya pembinaan terhadap kompetensi Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas, maka sudah selayaknya masalah pembinaan menjadi prioritas ke depannya,” katanya dikegiatan yang diinisiasi Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Kalsel tersebut.

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Balangan H. Adul, S.Ag MM yang turut hadir menuturkan pentingnya peningkatan mutu pendidikan di era digital seperti saat ini. Guru sambungnya harus konsisten mengembangkan kemampuan diri, yaitu meningkatkan kompetensinya sebagai tenaga pendidik  yang profesional, baik pengetahuannya (knowledge) sekaligus keterampilannya (skill).

 

Jangan sampai guru disibukkan bahkan terjebak urusan administrasi di tempatnya mengajar. Jika guru terjebak urusan administrasi, biasanya tidak ada waktu lagi untuk mengembangkan diri”, ujarnya.

 

Oleh karena itu, H. Adul mengungkapkan melalui kegiatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan ini akan sangat membantu guru dalam mengenal hambatan-hambatan, baik yang di luar maupun di dalam situasi hidup dan kerjanya, melihat segi-segi positif dan negatifnya serta menemukan pemecahan-pemecahan masalah yang terjadi. 

 

“Sehingga mutu pengelolaan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru terjabar dalam planning, organizing, actuating dan evaluating pembelajaran yang bermutu”, pungkasnya.

 

Kegiatan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kanwil Kemenag Kalsel tersebut dilaksanakan selama dua hari sejak 27 s.d 28 Juli 2022 di Hotel G`Sign Banjarmasin. Adapun peserta kegiatan terdiri dari perwakilan Kasi Penmad 13 kabupaten kota, Kepala MI 143 orang, Kepala MTsN 89 orang, Kepala MA 42 orang dan Pengawas sebanyak 14 orang dengan total peserta 301 orang.

 

(Ref/Ft : Sanwari)


Artikel ini juga dimuat di Website Kanwil Kemenag Kalsel:
https://kalsel.kemenag.go.id/berita/565262/Kamad-Guru-Harus-Konsisten-Kembangkan-Diri





Tidak ada komentar