Breaking News

Kepala MTsN 1 Balangan : Dokumen Kurikulum Adalah Jati Diri Madrasah

 

Paringin (MTsN 1 Balangan) – Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Balangan, H. Adul, S.Ag. MM menyatakan jati diri madrasah tercermin melalui penyusunan dokumen 1 kurikulum.

Kurikulum yang dikembangkan di tingkat satuan pendidikan menurutnya harus berorientasi kepada kebutuhan peserta didik dan kondisi daerah.

“Dokumen 1 merupakan jati diri madrasah. Untuk itu penyusunannya harus berdasarkan kondisi riil sesuai EDS (Evaluasi Diri Sekolah) dan berpusat pada peserta didik dan lingkungan”, ujar H. Adul pada acara penyusunan dokumen 1 MTsN 1 Balangan Tahun Pelajaran 2022/2023 di ruang aula madrasah, Kamis (04/08/22).

Lebih lanjut H. Adul mengatakan tahun ini penyusunan dokumen 1 berbeda dari sebelumnya. Pasalnya dilakukan dengan mengikutsertakan siswa yang diwakili oleh pengurus OSIM MTsN 1 Balangan.

“Sesuai program Sekolah Ramah Anak, kita turut melibatkan partisipasi siswa. Mereka diberikan kesempatan memberikan pandangan dan pendapatnya terhadap pengembangan kurikulum madrasahnya”, jelasnya.

Sementara Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Hikmatullah, S.Pd.I menambahkan penyusunan dokumen 1 ini dilakukan dengan tim pengembang kurikulum yang dibentuk oleh Kepala madrasah bersama komite MTsN 1 Balangan.

“Dengan melibatkan stake holders, kita ingin menjamin pengembangan kurikulum ini relevan dengan kebutuhan peserta didik” pungkasnya. 

(Ref/Ft : Sanwari)



Artikel ini juga dimuat di Website Kanwil Kemenag Kalsel :
https://kalsel.kemenag.go.id/berita/565575/Kamad-Dokumen-Kurikulum-Adalah





Tidak ada komentar