PTK : PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH DAULAH AYYUBIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS VIIIA MTsN 1 BALANGAN
Peningkatan
Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Sejarah Daulah Ayyubiyah
Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture
Kelas
VIII A MTsN 1 Balangan
Oleh : Sanwari Hidayat, S.Pd.I
Guru SKI pada MTsN 1 Balangan
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang
penerapan
model pembelajaran Picture and Picture untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIIA MTsN 1 Balangan Tahun Pelajaran 2021/2022
dengan materi Sejarah Daulah Ayyubiyah.
Tercapainya sebuah pembelajaran tentunya juga harus didukung
oleh pemilihan
metode dan model pembelajaran. Seorang guru harus memilih model yang tepat agar proses
belajar mengajar lebih efektif.
Model pembelajaran Picture and Picture merupakan salah satu langkah
yang dapat
ditempuh untuk memperbaiki dan
meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan salah satu
model yang menggunakan gambar-gambar yang dipasangkan dan diurutkan menjadi urutan yang logis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
(1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam pembelajaran materi Sejarah Daulah Ayyubiyah dengan menerapkan model Picture
and Picture ? (2) Bagaimanakah aktivitas peserta didik
dalam pembelajaran
materi Sejarah Daulah Ayyubiyah dengan menerapkan model Picture and Picture ?dan (3) Bagaimanakah hasil
belajar
peserta
didik dalam pembelajaran materi
Sejarah Daulah Ayyubiyah
dengan menerapkan model Picture and Picture ? Penelitian ini mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan,
pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VIII A MTsN 1 Balangan yang berjumlah sebanyak 25 peserta didik.
Data hasil penelitian
diperoleh dengan
menggunakan
lembar observasi guru
dan peserta didik dan hasil test peserta didik, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Adapun hasil penelitian yang
diperoleh adalah (1) aktivitas
guru
pada pra siklus rata-rata nilai 68,3 atau
41% dan hasil belajar siswa pada pra siklus rata-rata nilai 74,8
atau 36% (2) aktivitas guru pada siklus I dengan menggunakan model Picture and Picture dari 80,35%
menjadi 92,8% pada siklus II,dan aktivitas peserta didik pada siklus I dengan menggunakan model Picture and
Picture
78,57% menjadi 91%
pada siklus II dan
(3) hasil belajar siswa pada siklus I
dengan menggunakan
model Picture and Picture
56%
atau
rata-rata nilai 75.04
menjadi 92%
atau rata-rata nilai 84.24 pada siklus II. Hal ini
menunjukkan bahwa hasil belajar pada materi Sejarah
Daulah
Ayyubiyah
dengan
menggunakan
model Picture and Picture menunjukkan hasil yang sangat positif.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Picture
and Picture
dapat meninggkatkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih aktif
dan kemampuan guru
lebih meninggkat menjadi lebih
baik.
Kata kunci : Hasil Belajar, Daulah Ayyubiyah, Picture and Picture
KLIK UNTUK MENGUNDUH
Tidak ada komentar